95 Persen Listrik Norwegia Disumbang Air

EBTKE– Energi listrik Norwegia 95 persen disumbang dari energi air. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Rudi Rubiandini, di Jakarta.”Bahan bakar energi listrik di Norwegia 95 persen berasal dari energi air,”katanya. Padahal, sambung dia, Norwegia memiliki kekayaan alam minyak dan gas yang cukup tinggi ini dibuktikan dengan tingginya pendapatan negara dari sektor minyak dan gas sementara penduduknya hanya empat juta jiwa.”Lebih hebat lagi dalam kurun waktu 20-30 tahun lalu bahkan 100 tahun lalu mereka menggunakan air sebagai sumber energi,”tegas Rudi.

Menurut dia, minyak dan gas bumi yang dihasilkan justru tidak digunakan tetapi dijual untuk pendapatan negara dengan demikian otomatis masyarakatnya sejahtera sementara untuk kebutuhan energi dalam negerinya mayoritas dipasok dari energi air.”Tabungan negaranya paling banyak di dunia, sementara pendudukunya cuma 4 juta jiwa,”ungkap dia.

Kondisi ini, jelas Rudi, justru berbanding terbalik dengan Indonesia dimana cadangan minyak dan gas buminya hanya empat miliar dan penduduknya mencapai 248 juta jiwa, namun konsumsi energi fosilnya boros tetapi potensi energi baru terbarukan yang begitu melimpah pemanfaatannya belum optimal. “Sampai saat ini penggunaan energi baru terbarukan baru menyentuh angka 5 persen, potensi yang ada dilewatkan begitu saja, ini menyedihkan,”tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, berkaca pada kondisi energi fosil yang cadangannya terus mengalami penurunan mulai sekarang sudah seharusnya penggunaan energi baru terbarukan menjadi prioritas utama.”Sudah saatnya kita menggunakan energi yang tinggal ambil, kalau semua itu sudah dilakukan maka pasokan energi nasional tidak akan mengalami kesulitan,”pungkas Rudi.(ferial)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: